1.Salah satu cara hemat listrik adalah dengan memilih sumber daya energi alternatif, salah satunya adalah panel surya. Selain hemat listrik dan energi karena tidak memerlukan bahan bakar, panel surya juga tidak menghasilkan emisi gas yang dapat menimbulkan polusi.

2.Gunakan lampu LED sebagai penerang ruangan
Lampu LED merupakan alternatif penerangan berenergi rendah yang digunakan untuk lebih hemat listrik. Dibandingkan lampu pijar biasa, lampu LED dapat menghemat daya 50 hingga 75 persen.

3.Matikan lampu saat meninggalkan ruangan merupakan langkah kecil yang dapat memberikan efek besar bagi penghematan listrik, namun tidak jarang juga dilupakan. Lampu yang dibiarkan menyala tetap menyedot pemakaian listrik secara menerus.Membatasi penggunaan lampu di siang hari juga merupakan cara hemat listrik yang efektif karena kebutuhan pencahayaan di siang hari bisa dipenuhi dengan pemanfaatan cahaya matahari.

4.Pendingin ruangan (AC) merupakan perangkat elektronik yang paling menyedot penggunaan daya listrik di rumah, terutama AC konvensional. Namun, dengan adanya teknologi inventer pada AC memungkinkan kamu untuk lebih hemat listrik dalam penggunaannya.Kompresor AC inventer bekerja lebih efisien daripada kompresor AC konvensional yang menerapkan mekanisme kerja mati-nyala (on-off) yang mana memakai daya listrik yang lebih besar.