PT Energi Pelabuhan indonesia (EPI) meraih penghargaan bergengsi di ajan TO-Telco nasional TOP DIGITAL oleh majalah It Works di The Sultan Hotel pada 27 November 2019. Di ajang ini, EPI meraih penghargaan TOP DIGITAL implementation 2019 DIGITAL Awards 2019 menilai EPI telah dengan baik memanfaatkan TIK untuk memberikan pelayanan yang andal kepada seluruh pelanggannya.

EPI telah melakukan inovasi di bidang TI dengan menciptakan dan membangun berbagai aplikasi sendiri sehingga memberikan kemudahan dalam pengoprasian dan monitoringnya.

Salah satunya adalah Smart Grid, sebuah aplikasi smart dan inovatif dalam melakukan monitoring dan controlling jaringan listrik dalam rangka meningkatkan keandalan dan kecepatan dalam pemulihan daya gangguan pada jaringan tenaga listrik 20 Kv (kilo volt).

Dengan menggunakan aplikasi ini, seluruh jaringan dapat terpantau dan terbaca langsung dalam pantauan monitor.Apabila terjadi gangguan yang mengakibatkan pada pada jaringan distribusi listrik 20 Kv, aplikasi Smart Grid mampu melakukan identifikasi gangguan secara otomatis dan petugas dapat melakukan tindakan pengendalian jarak jauh secara remot sehingga gangguan yang terjadi dapat ditangani dengan seketika.

Hasil inovasi aplikasi lain yang telah
dibangun seperti, Aplikasi Pelayanan Pelanggan (AP2EPI), Aplikasi Management Yantek (AMY), Automatic Meter Reading (AMR), Aplikasi Survei Entri on Site (ASEOS), Aplikasi Belanja Kontraktor (ABK), serta Aplikasi Manajemen Risiko (AMANRISIKO).